Selamat Datang di Personal Weblog anjas-bee dan Terima Kasih Atas Kunjungannya

Kamis, 12 Mei 2011

perbedaan perkembangan penalaran moral Kohlberg dan Piaget

Kohlberg adalah seorang professor dalam psikologi sosial dan pendidikan. Orientasi teoritis dan metode yang dianut Kohlberg serupa dengan Piaget, namun keduanya ada perbedaan. Perbedaan itu terletak pada:

a.Teori Kohlberg tentang perkembangan penalaran moral lebih spesifik dan lebih kompleks daripada Piaget. Teori Kohlberg memungkinkan kita memperoleh pengertian yang lebih luas dan lebih kaya tentang hakekat perkembangan penalaran moral dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selain itu juga memungkinkan penyusunan hipotesis yang lebih spesifik, yang dapat dibuktikan.

b.Teori Kolhberg lebih banyak membahas tentang penalaran terhadap masalah-masalah sosial khususnya mengenai perkembangan penalaran moral, sedangkan Piaget lebih banyak membahas tentang perkembangan penalaran terhadap masalah-masalah phisik dan logika. Piaget menggambarkan proses dua-tahap perkembangan moral, sedangkan teori perkembangan moral Kohlberg digariskan enam tahap dalam waktu tiga tingkat yang berbeda. Kohlberg memperluas teori Piaget, mengusulkan bahwa pengembangan moral adalah proses berkesinambungan yang terjadi selama kehidupan.

c.Piaget mengemukakan bahwa individu pada umumnya mencapai kematangan moral pada masa remaja sedangkan Kohlberg mengemukakan bahwa individu pada umumnya baru mencapai kematangan moral pada usia 25 tahun atau malah lebih akhir.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Grocery Coupons