Selamat Datang di Personal Weblog anjas-bee dan Terima Kasih Atas Kunjungannya

Jumat, 06 Mei 2011

Modern dan Maju

Sampai hari ini orang masih sulit membedakan definisi antara modern dan maju. Perlakuan terhadap dua kata itu juga diskriminatif. Orang lebih suka memakai kata “modern” untuk mengukur kemajuan sebuah peradapan. Padahal modern berarti baru atau mutakhir. Sedang maju berarti melangkah ke depan atau menjadi baik.
Kalau mengukur kehidupan manusia dengan kebaruan, apakah ada yang baru dalam diri kita? Sesungguhnya tidak. Di dunia ini tidak ada yang baru.
Matahari tetap yang dulu, tanah yang kita pijak juga tanah yang dulu, angin yang berdesir juga angin yang dulu. Udara yang ada juga udara yang dulu.
Kalau kemudian manusia mampu membuat pesawat terbang misalnya, itu adalah sebuah keterbatasan manusia meniru burung. Kecanggihan computer juga sekedar miniature dari kemampuan otak manusia. Soal konflik juga begitu, dari dulu kejahatan akan selalu berseberangan dengan kebenaran. Jadi, modernisasi lebih sekedar proses membarukan pemikiran terdahulu.
Tetapi, jika ukuran peradaban manusia adalah kemajuan, maka ada proses “ melangkah ke depan”, tidak sekedar menyulap yang lama menjadi sesuatu yang baru. Jika zaman purbakala manusia baru mampu mengenakan penutup dada dan kemaluan, misalnya, maka kemajuan berarti kemampuan menutupi yang lebih dari sekedar bagian dada atau kemaluan. Jadi, kemajuan (jika enggan memakai istilah majuisasi) adalah upaya abadi manusia untuk meninggikan derajad kemanusiaan.
Dengan demikian istilah modern dan maju tidak dapat diklopkan. Modern belum tentu maju, karena proses modernisasi lebih sekedar mengulang peradaban lama dengan kemasan baru. Modernisasi tidak mampu mempertahankan derajat kemanusiaan, prosesnya sama sekali tidak menyentuh nilai manusia. Modernisasi hanya menyentuh nilai benda.
Tetapi maju sudah tentu modern. Dalam kemajuan mampu mencakup nilai manusia dan nilai benda sekaligus. Dalam kemajuan manusia tidak akan menemui ironisme seperti yang ditunjukkan modernisasi.
jadi silahkan pilih mau menjadi modern saja atau menjadi maju
Semoga bermanfaat
Dari berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Grocery Coupons