Selamat Datang di Personal Weblog anjas-bee dan Terima Kasih Atas Kunjungannya

Rabu, 30 November 2022

2.3.a.4.3.Eksplorasi Konsep Modul 2.3 - 2.3. Kompetensi Inti Coaching dan TIRTA sebagai Alur Percakapan Coaching : MENDENGARKAN AKTIF

 

Pada bagian ini Bapak/Ibu akan menjawab Pertanyaan Refleksi dan Pengalaman Berada di 3 Situasi yang ditampilkan pada bacaan yang disajikan:

1.         Tuliskan pengalaman Anda pada saat berbicara dengan orang kemudian Anda merasa di-label/dinilai oleh orang tersebut.

a. Apa yang Anda rasakan/pikirkan pada saat mendengarkan itu?

b. Apa yang Anda lakukan setelah mendengarkannya?

2.         Tuliskan pengalaman Anda pada saat berbicara dengan orang kemudian Anda merasa/berpikir kalau orang tersebut salah mengartikan apa yang Anda sampaikan tanpa mengonfirmasinya terlebih dahulu .

a. Apa yang Anda rasakan/pikirkan pada saat mendengarkan itu?

b. Apa yang Anda lakukan setelah mendengarkannya?

3.         Tuliskan pengalaman Anda pada saat berbicara dengan orang kemudian orang tersebut balik bercerita tentang pengalamannya/menasehati atau memberi saran berdasarkan pengalaman dia, tanpa Anda minta.

a. Apa yang Anda rasakan/pikirkan pada saat mendengarkan itu?

b. Apa yang Anda lakukan setelah mendengarkannya?

 

Jawaban dari  Pertanyaan Refleksi di atas adalah sebagai berikut :

1.         Pengalaman saya pada saat berbicara dengan orang kemudian saya merasa di-label/dinilai oleh orang tersebut

a. Yang saya rasakan/pikirkan pada saat mendengarkan itu adalah:

Saya merasa senang jika saya dilabeli/dinilai positif oleh orang lain dan tentu saya merasa

sedih, kecewa dan kesal jika dilabeli negative oleh orang lain. Apalagi jika label negatif itu

tidak sesuai dengan keadaan diri saya.

b. Yang saya lakukan setelah mendengarkannya:

Jika saya dilabeli/dinilai positif, saya akan mengucapkan terima kasih. Jika saya

dilabeli/dinilai negative, walaupun saya merasa sedih, kecewa dan kesal saya tidak akan

menunjukkan kepada orang tersebut, saya akan berusaha menahan perasaan sedih, kecewa

dan kesal tersebut agar tidak terlihat dan bersikap biasa saja.

2.    Pengalaman saya pada saat berbicara dengan orang kemudian saya merasa/berpikir kalau orang tersebut salah mengartikan apa yang saya sampaikan tanpa mengonfirmasinya terlebih dahulu:

a. Yang saya rasakan/pikirkan pada saat mendengarkan itu

Saya merasa terkejut dan kesal karena orang tersebut tidak mengonfirmasi ke saya terlebih dahulu. Tetapi saya tetap akan berusaha untuk tidak menunjukkan kekesalan yang saya rasakan.

b. Yang saya lakukan setelah mendengarkannya

Sesegera mungkin mengklarifikasi apa yang saya sampaikan dan apa yang orang lain salah artikan, agar tidak terjadi kesalah pahaman apalagi sampai menimbulkan permasalahan.

 

3.    Pengalaman saya pada saat berbicara dengan orang kemudian orang tersebut balik bercerita tentang pengalamannya/menasehati atau memberi saran berdasarkan pengalaman dia, tanpa saya minta

a. Yang Anda rasakan/pikirkan pada saat mendengarkan itu

Saya akan tetap mendengarkan dengan baik dan merasa biasa saja, berpikir positif bahwa orang ini memiliki niat baik untuk menasehati atau memberi saran pada saya, apalagi jika nasehat dan saran yang dia berikan baik dan berguna untuk saya.

b. Yang saya lakukan setelah mendengarkannya

            Saya akan mengucapkan terima kasih atas nasehat dan saran yang diberikan, berterima kasih karena       sudah berbagi pengalamannya. Saya akan mengambil hal baik dari nasehat, saran atau pengalam yang diberikan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Grocery Coupons