Selamat Datang di Personal Weblog anjas-bee dan Terima Kasih Atas Kunjungannya

Rabu, 15 Maret 2023

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

 

OLEH

ANJASMORO

SMAN 5 BENGKULU TENGAH

CGP ANGKATAN 6 KABUPATEN BENGKULU TENGAH

 

Tujuan Pembelajaran

CGP dapat mengembangkan ide menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam benuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen BAGJA

 

Program Yang Akan dikembangkan : SAMULISAM (Satu Murid Lima Sampah)

 

Latar Belakang

Sampah yang berserak akan membuat lingkungan sekitar menjadi tidak bersih. Sampah yang berserakan juga akan menganggu keindahan dan ketertiban lingkungan. Untuk itu permasalahan sampah merupakan permasalahan yang kompleks dan harus diselesaikan bersama. Keindahan dan kebersihan merupakan tanggung jawab bersama.

 

Tujuan

Program ini bertujuan agar murid memiliki kesadaran bahwa kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama.

 

Alasan Pemilihan Program

Saat ini, murid cenderung sangat cuek terhadap lingkungan sekitar. Pun termasuk dengan sampah yang berseraan di sekitarnta.

 

Deskripsi Singkat

SAMULISAM atau Satu Murid Lima Sampah merupakan program yang dirancang untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas sampah. Kegiatan ini dalam lingkup ruang kelas dapat dilakukan sebelum jam masuk dimulai, murid mengambil sampah yang ada di sekitarnya dan mengumpulkan atau membuangnya ke tempat yang telah disediakan. Kegiatan ini dalam lingkup yang lebih besar dapat dilakukan setiap hari Sabtu, setelah murid senam, sambil menuju kelas masing-masing maka murid mengambil sampah yang ada di sekitarnya.

 

1.    Dasar Filosofi Pemikiran KHD

"Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya. Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang."

 

2.    Poin Komponen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan

 

Beriman, bertaqwa Kepada Tuhan YME,

 

 Menumbuh kembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid untuk mengembangkan   berbagai sikap- sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari iman, ketakwaan dan akhlak mulia.

 

Bernalar kritis,

 

Menumbuhkembangkan murid mengungkapkan ide/gagasan terhadap program ini dilaksanakan, dimulai dari menyusun rencana, melaksanakan, sampai mengevaluasi program ini.

 

Mandiri

Secara individu murid mampu mengelola diri dengan bertanggungjawab terhadap hasil kesepakatan.

 

Bergotong royong

Mendorong kepemimpinan murid akan melatih murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerja sama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas.

 

3. Karakteristik Lingkungan pendukung tumbuhnya kepemimpinan murid yang dikembangkangkan

 

Lingkungan yang mengembangkan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif,diharapkan kegiatan ini dapat mengembangkan siswa untuk melakukan hal-hal secara positif untuk dirinya sendiri serta memberikan pengaruh positif kepada kehidupan orang lain dan sekelilingnya.

 

4. Prakarsa Perubahan

 

"Menumbuhkembangkan Karakter Siswa yang Religius dan cinta kebersihan dengan program SAMULISAM.

 

5. Tahapan Prakarsa

         Untuk memudahkan program ini dengan menggunakan tahapan BAGJA

 

  

 

B ( Buat Pertanyaan)

 

Buat Pertanyaan utama :

 

(1). Bagaimana cara menumbuhkembangkan  pola pikir dan emosi yang positif serta melakukan hal-hal positif pada siswa yang berpengaruh kepada dirinya,orang lain dan sekelilingnya?

 

 

(2). Bagaimana cara menciptakan lingkungan yang bersih dengan SAMULISAM?

 

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban:

 

1.Dialog bersama kepala sekolah serta rekan sejawat tentang bagaimana menumbuhkan pola pikir dan emosi positif serta melakukan hal-hal positif yang berpengaruh kepada dirinya,orang lain dan sekelilingnya.

 

2.Mengajak diskusi murid-murid kelas X, XI dan XII tentang bagaimana menumbuhkan pola pikir dan emosi positif serta melakukan hal-hal positif yang berpengaruh kepada dirinya,orang lain dan sekelilingnya.

 

 

 

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid 

 

Melakukan sesi dialog dengan perwakilan siswa membahas tentang program yang berdampak positif yang perlu mendapatkan perhatian dan menampung ide dan aspirasi mereka.

 

Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan pada tahap ini:

 

(a). Murid

(b). Rekan Guru

(c). Kepala Sekolah

 

Waktu yang diperlukan : Satu Hari

 

Penanggung Jawab Kegiatan pada tahap ini : CGP, Wali Kelas dan Pembina 7K

 

 

A (Ambil Pelajaran)

 

Pertanyaan 

 

(1) Kegiatan apa saja yang dapat mengembangkan pola pikir,emosi serta hal-hal positif di sekolah ?

 

(2) Apa yang dirasakan siswa jika dapat melakukan hal-hal yang positif bagi dirinya,orang lain dan sekelilingnya?

 

(3) Kegiatan sekolah apa yang dapat membantu menumbuhkan pola pikir,emosi serta hal-hal positif untuk dirinya,orang lain dan sekelilingnya?

 

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :

(a). Mengidentifikasi kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan di sekolah bersama Kepala Sekolah dan rekan guru

(b). Survai melalui wali kelas dengan memberikan pertanyaan yang telah diidentifikasi sebelumnya denagn murid

(c).Dengan bantuan pembina 7K dan wali kelas memotivasi murid dan menyampaikan manfaat kegiatan SAMULISAM ketika awal pembelajaran.

 

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid 

 

Curah pendapat dengan murid tentang kegiatan tarjamah surah pendek setiap hari yang menumbuhkembangkan emosi positif dan pembiasaan positif.

 

Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan pada tahap ini: Murid, Guru Pembina 7K, Wali Kelas

 

Waktu yang diperlukan : Satu Hari

 

Penanggung Jawab Kegiatan pada tahap ini : CGP, Pembina 7K, Wali Kelas

 

G ( Gali Mimpi)

 

Buat pertanyaan

(1) Apa kebiasaan-kebiasaan baru yang kami bayangkan ketika pembiasaan positif SAMULISAM?

 

(2) Apa hal-hal baru yang kami lakukan setelah terwujudnya imtaq,akhlak mulia,mandiri dan bernalar kritis, dan gotong royong terwujud?

 

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :

 

(1). Mengajak rekan guru dan murid untuk membuat daftar harapan dan evaluasi mengenai pelaksanaan kegiatan ini sebelum dan sesudah Program" SAMULISAM"terwujud

 

(2). Memajang harapan-harapan murid tersebut dikelasnya masing-masing

 

 

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid 

 

(1). Berdialog dengan murid mengenai daftar harapan dan evaluasi tentang program ini

(2). Setiap murid ditugaskan untuk memberikan ide/gagasan harapan dengan terlaksananya program SAMULISAM.

 

Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan :

 

(a). Murid

(b). Wali Kelas

 (c). Kelas

 

Waktu Yang diperlukan  : Satu hari

 

Penanggungjawab Kegiatan : Pembina 7K dan Wali Kelas

 

 

J- Jabarkan Rencana

 

Buat pertanyaan 

 

(1) Langkah pertama yang harus dilakukan seperti apa?

 

(2) Apa tindakan/usaha yang dapat mendukung agar program "SAMULISAM" dapat mencapai sikap religius?

 

(3) Bagaimana mengukur kemajuan dan keberhasilan program tersebut?

 

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :

 

(1) Mendiskusikan rancangan program kegiatan yang terdiri dari wali kelas,perwakilan murid dan guru agama

(2) Membentuk tim dari perwakilan siswa dan guru

(3) Membuat catatan perkembangan dan evaluasi program

 

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid 

(1). Membentuk tim dan penanggungjawab bersama siswa

(2). Membuat jadwal yang bertugas dalam setiap harinya kegiatan program SAMULISAm bersama siswa

Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan :

 

(a). Murid

(b). Wali Kelas dan guru pembina 7K

(c) Kelas

 

Waktu yan diperlukan: Satu hari

 

Penanggungjawab Kegiatan : Guru CGP, pembina &K

 

 

A - Atur Eksekusi

Buat pertanyaan

(1)Siapa saja yang dilibatkan dalam kegiatan ini?

(2) Apa saja peran yang dibutuhkan dan siapa saja yang mengisi peran tersebut?

(3) Siapa yang bertanggungjawab agar program ini tetap berkelanjutan ?

(4)Kapan kegiatan ini akan dimulai?

 

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :

(1) Menyusun Tim Pelaksana program " SAMUSALIM"dan tim pemantau

(2) Membuat daftar nama siswa yang bertugas pada setiap harinya

(3) Melakukan evaluasi program dalam seminggu sekali

 

 

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid 

(1). Bersama murid guru memberikan kesempatan kepada murid untuk membagi mengambil sampah

(2) Setiap Kelas melaporkan perkembangan kegiatan program SAMUSALIM

 

Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan :

(a). Murid

(b).Wali Kelas dan Guru 7K

(c) Kelas

 

Waktu yang diperlukan : Satu hari

 

Penanggungjawab Kegiatan : Guru Agama/CGP

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Grocery Coupons