OLEH
ANJASMORO
SMAN 5 BENGKULU
TENGAH
CGP ANGKATAN 6
KABUPATEN BENGKULU TENGAH
Tujuan Pembelajaran
CGP dapat mengembangkan ide menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam
benuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen BAGJA
Program Yang Akan dikembangkan :
SAMULISAM (Satu Murid Lima Sampah)
Latar Belakang
Sampah yang berserak akan membuat lingkungan sekitar menjadi tidak
bersih. Sampah yang berserakan juga akan menganggu keindahan dan ketertiban
lingkungan. Untuk itu permasalahan sampah merupakan permasalahan yang kompleks
dan harus diselesaikan bersama. Keindahan dan kebersihan merupakan tanggung
jawab bersama.
Tujuan
Program ini bertujuan agar murid memiliki kesadaran bahwa kebersihan
lingkungan menjadi tanggung jawab bersama.
Alasan Pemilihan Program
Saat ini, murid cenderung sangat cuek terhadap lingkungan sekitar. Pun termasuk
dengan sampah yang berseraan di sekitarnta.
Deskripsi Singkat
SAMULISAM atau Satu Murid Lima Sampah merupakan program yang dirancang
untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas sampah. Kegiatan ini dalam
lingkup ruang kelas dapat dilakukan sebelum jam masuk dimulai, murid mengambil
sampah yang ada di sekitarnya dan mengumpulkan atau membuangnya ke tempat yang
telah disediakan. Kegiatan ini dalam lingkup yang lebih besar dapat dilakukan
setiap hari Sabtu, setelah murid senam, sambil menuju kelas masing-masing maka
murid mengambil sampah yang ada di sekitarnya.
1. Dasar Filosofi Pemikiran KHD
"Pendidikan adalah tempat persemaian segala
benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud
agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan
sebaik-baiknya. Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan
datang."
2. Poin Komponen Profil Pelajar Pancasila yang
dikembangkan
Beriman, bertaqwa Kepada Tuhan
YME,
Menumbuh kembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid untuk
mengembangkan berbagai sikap- sikap positif yang merupakan
pengejawantahan dari iman, ketakwaan dan akhlak mulia.
Bernalar kritis,
Menumbuhkembangkan murid mengungkapkan ide/gagasan terhadap program ini
dilaksanakan, dimulai dari menyusun rencana, melaksanakan, sampai mengevaluasi
program ini.
Mandiri
Secara individu murid mampu mengelola diri dengan bertanggungjawab terhadap
hasil kesepakatan.
Bergotong royong
Mendorong kepemimpinan murid akan melatih murid untuk terlibat dan
berinteraksi dengan orang lain, bekerja sama dan berkontribusi dalam masyarakat
yang lebih luas.
3. Karakteristik Lingkungan
pendukung tumbuhnya kepemimpinan murid yang dikembangkangkan
Lingkungan yang mengembangkan kesempatan untuk murid menggunakan
pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif,diharapkan kegiatan ini
dapat mengembangkan siswa untuk melakukan hal-hal secara positif untuk dirinya
sendiri serta memberikan pengaruh positif kepada kehidupan orang lain dan
sekelilingnya.
4. Prakarsa Perubahan
"Menumbuhkembangkan Karakter Siswa yang Religius dan cinta
kebersihan dengan program SAMULISAM.
5. Tahapan Prakarsa
Untuk memudahkan program ini dengan
menggunakan tahapan BAGJA
B ( Buat Pertanyaan)
Buat Pertanyaan utama :
(1). Bagaimana cara menumbuhkembangkan pola pikir dan emosi yang
positif serta melakukan hal-hal positif pada siswa yang berpengaruh kepada
dirinya,orang lain dan sekelilingnya?
(2). Bagaimana cara menciptakan lingkungan yang bersih dengan SAMULISAM?
Tindakan yang diperlukan untuk
mendapatkan jawaban:
1.Dialog bersama kepala sekolah serta rekan sejawat tentang bagaimana
menumbuhkan pola pikir dan emosi positif serta melakukan hal-hal positif yang
berpengaruh kepada dirinya,orang lain dan sekelilingnya.
2.Mengajak diskusi murid-murid kelas X, XI dan XII tentang bagaimana
menumbuhkan pola pikir dan emosi positif serta melakukan hal-hal positif yang
berpengaruh kepada dirinya,orang lain dan sekelilingnya.
Rencana untuk melibatkan
suara/pilihan/kepemilikan Murid
Melakukan sesi dialog dengan perwakilan siswa membahas tentang program
yang berdampak positif yang perlu mendapatkan perhatian dan menampung ide dan
aspirasi mereka.
Aspek sumber Daya yang dapat
diberdayakan pada tahap ini:
(a). Murid
(b). Rekan Guru
(c). Kepala Sekolah
Waktu yang diperlukan : Satu Hari
Penanggung Jawab Kegiatan pada tahap ini : CGP, Wali Kelas dan Pembina
7K
A (Ambil Pelajaran)
Pertanyaan
(1) Kegiatan apa saja yang dapat mengembangkan pola pikir,emosi serta
hal-hal positif di sekolah ?
(2) Apa yang dirasakan siswa jika dapat melakukan hal-hal yang positif
bagi dirinya,orang lain dan sekelilingnya?
(3) Kegiatan sekolah apa yang dapat membantu menumbuhkan pola pikir,emosi
serta hal-hal positif untuk dirinya,orang lain dan sekelilingnya?
Tindakan yang diperlukan untuk
mendapatkan jawaban :
(a). Mengidentifikasi kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan di
sekolah bersama Kepala Sekolah dan rekan guru
(b). Survai melalui wali kelas dengan memberikan pertanyaan yang telah
diidentifikasi sebelumnya denagn murid
(c).Dengan bantuan pembina 7K dan wali kelas memotivasi murid dan
menyampaikan manfaat kegiatan SAMULISAM ketika awal pembelajaran.
Rencana untuk melibatkan
suara/pilihan/kepemilikan Murid
Curah pendapat dengan murid tentang kegiatan tarjamah surah pendek
setiap hari yang menumbuhkembangkan emosi positif dan pembiasaan positif.
Aspek sumber Daya yang dapat
diberdayakan pada tahap ini: Murid, Guru Pembina 7K, Wali Kelas
Waktu yang diperlukan : Satu
Hari
Penanggung Jawab Kegiatan pada
tahap ini : CGP, Pembina 7K, Wali Kelas
G ( Gali Mimpi)
Buat pertanyaan
(1) Apa kebiasaan-kebiasaan baru yang kami bayangkan ketika pembiasaan
positif SAMULISAM?
(2) Apa hal-hal baru yang kami lakukan setelah terwujudnya imtaq,akhlak
mulia,mandiri dan bernalar kritis, dan gotong royong terwujud?
Tindakan yang diperlukan untuk
mendapatkan jawaban :
(1). Mengajak rekan guru dan murid untuk membuat daftar harapan dan
evaluasi mengenai pelaksanaan kegiatan ini sebelum dan sesudah Program" SAMULISAM"terwujud
(2). Memajang harapan-harapan murid tersebut dikelasnya masing-masing
Rencana untuk melibatkan
suara/pilihan/kepemilikan Murid
(1). Berdialog dengan murid mengenai daftar harapan dan evaluasi
tentang program ini
(2). Setiap murid ditugaskan untuk memberikan ide/gagasan harapan
dengan terlaksananya program SAMULISAM.
Aspek sumber Daya yang dapat
diberdayakan :
(a). Murid
(b). Wali Kelas
(c). Kelas
Waktu Yang diperlukan : Satu hari
Penanggungjawab Kegiatan : Pembina
7K dan Wali Kelas
J- Jabarkan Rencana
Buat pertanyaan
(1) Langkah pertama yang harus dilakukan seperti apa?
(2) Apa tindakan/usaha yang dapat mendukung agar program "SAMULISAM"
dapat mencapai sikap religius?
(3) Bagaimana mengukur kemajuan dan keberhasilan program tersebut?
Tindakan yang diperlukan untuk
mendapatkan jawaban :
(1) Mendiskusikan rancangan program kegiatan yang terdiri dari wali
kelas,perwakilan murid dan guru agama
(2) Membentuk tim dari perwakilan siswa dan guru
(3) Membuat catatan perkembangan dan evaluasi program
Rencana untuk melibatkan
suara/pilihan/kepemilikan Murid
(1). Membentuk tim dan penanggungjawab bersama siswa
(2). Membuat jadwal yang bertugas dalam setiap harinya kegiatan program
SAMULISAm bersama siswa
Aspek sumber Daya yang dapat
diberdayakan :
(a). Murid
(b). Wali Kelas dan guru pembina 7K
(c) Kelas
Waktu yan diperlukan: Satu
hari
Penanggungjawab Kegiatan : Guru
CGP, pembina &K
A - Atur Eksekusi
Buat pertanyaan
(1)Siapa saja yang dilibatkan dalam kegiatan ini?
(2) Apa saja peran yang dibutuhkan dan siapa saja yang mengisi
peran tersebut?
(3) Siapa yang bertanggungjawab agar program ini tetap berkelanjutan ?
(4)Kapan kegiatan ini akan dimulai?
Tindakan yang diperlukan untuk
mendapatkan jawaban :
(1) Menyusun Tim Pelaksana program " SAMUSALIM"dan tim
pemantau
(2) Membuat daftar nama siswa yang bertugas pada setiap harinya
(3) Melakukan evaluasi program dalam seminggu sekali
Rencana untuk melibatkan
suara/pilihan/kepemilikan Murid
(1). Bersama murid guru memberikan kesempatan kepada murid untuk
membagi mengambil sampah
(2) Setiap Kelas melaporkan perkembangan kegiatan program SAMUSALIM
Aspek sumber Daya yang dapat
diberdayakan :
(a). Murid
(b).Wali Kelas dan Guru 7K
(c) Kelas
Waktu yang diperlukan : Satu
hari
Penanggungjawab Kegiatan : Guru
Agama/CGP
0 komentar:
Posting Komentar